Pendidikan

Tugas dan Tanggung Jawab Wali Kelas ( SMP/ SMA/SMK ) LENGKAP

Tugas dan Tanggung Jawab Wali Kelas – Wali kelas merupakan seorang guru yang memiliki peran penting dalam hubungan antara sekolah, siswa dan...

Written by andra · 3 min read >
tugas dan tanggung jawab wali kelas

Tugas dan Tanggung Jawab Wali Kelas – Wali kelas merupakan seorang guru yang memiliki peran penting dalam hubungan antara sekolah, siswa dan orangtua. Tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh seorang wali kelas ini sangat banyak. Karena berhasil tidaknya kemajuan di dalam kelas ditentukan wali kelas dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

Pengertian Wali Kelas

Wali kelas adalah seorang Guru yang membantu Kepala Sekolah untuk membimbing siswa dalam menciptakan disiplin kelas, sebagai manajer dan motivator guna membangun gairah atau minat siswa untuk berprestasi di kelas.

Wali kelas merupakan guru yang memiliki tugas tambahan khusus untuk merancang program pembelajaran dan mengelola suatu kelas agar siswa dalam kelas tersebut mampu belajar untuk mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan.

Wali bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah atas perkembangan dan kemajuan di dalam kelas dengan selalu berkoordinasi :

  1. Wakasek Bidang Kesiswaan
  2. BP / BK
  3. Tata Usaha
  4. Kepala Kompetensi Keahlian

Tugas dan Tanggung Jawab Wali Kelas (SMP / SMA / SMK)

tugas wali dan tanggung jawab wali kelas

Berikut adalah sejumlah tugas dan tanggung jawab Wali Kelas dalam sekolah baik itu SMP, SMA maupun SMK yang sesuai dengan kurikulum 2013 maupun PERMENDIKBUD

Tanggung Jawab  Wali Kelas

Bertanggung jawab penuh kepada Kepala Sekolah atas terlaksananya pendampingan dan monitoring kelas sesuai  dengan prosedur yang berlaku.

Tugas Wali Kelas

Tugas pokok dan utama seorang wali kelas adalah membuat kelas yang dikelolanya secara bersama-sama berhasil menjalankan fungsi pembelajaran dimana seluruh siswa di kelas tersebut dapat naik kelas dengan nilai yang maksimal dan memuaskan.

  1. Pengelola kelas
  2. Menyusun program kerja semester dan tahunan
  3. Mewakili Kepala Sekolah dan Orang Tua di Lingkungan Sekolah
  4. Mengenal dan memahami situasi lingkungan kelas
  5. Menyelenggarakan segala macam dan bentuk administrasi kelas, meliputi :
    • Denah tempat duduk siswa
    • Papan absen siswa
    • Daftar pelajaran di kelas
    • Daftar piket kelas
    • Struktur organisasi pengurus kelas
    • Tata tertib siswa di kelas
    • Buku kemajuan belajar
    • Buku mutasi kelas
    • Buku peta kelas
    • Buku inventaris barang-barang di kelas
    • Buku bimbingan kelas
    • Bukut rapor nilai
    • Buku daftar siswa berprestasi di kelas
  1. Memberikan motivasi kepada seluruh siswa agar belajar secara sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  2. Menanamkan siswa di kelasnya dalam hal melaksanakan tatakrama, sopan santun, tata tertib baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  3. Mengatasi dan memberikan solusi atas hambatan atau masalah yang terjadi terhadap kelancaran kegiatan kelas maupun kegiatan sekolah.
  4. Mengarahkan siswa-siswanya untuk selalu mengikuti seluruh kegiatan sekolah seperti : upacara bendera, kajian, perlombaan, dan kegiatan lain lain.
  5. Membimbing siswa di kelasnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.
  6. Melakukan Home Visit (kunjungan ke rumah / orang tua) bila siswa yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran yang cukup berat, atau tidak hadir yang jangka waktu yang lama.
  7. Memberikan masukan dalam penentuan kenaikan kelas bagi siswa di kelasnya
  8. Mengisi dan menyerahkan Buku Laporan Prestasi ( Rapor) kepada wali siswa
  9. Mengajukan saran dan usul kepada Kepala Sekolah perilhal siswa yang menjadi anak didiknya.
  10. Mengarahkan siswa agar peduli terhadap kebersihan dan lingkungan kelas maupun sekolah
  11. Membuat laporan tertulis secara berkala setiap bulan

Kewajiban Wali Kelas

  1. Mengetahui jumlah seluruh siswa di kelasnya
  2. Mengetahui nama masing-masing siswa di kelasnya
  3. Mengetahui identitas lengkap masing-masing siswa di kelasnya
  4. Mengetahui kehadiran masing-masing siswa setiap hari di kelasnya
  5. Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh masing-masing siswa di kelasnya, seperti masalah pembelajaran, sosial, ekonomi dll.
  6. Memperhatikan perkembangan dan prestasi masing-masing siswa seperti pada nilai harian, nilai ujian semester, dan ujian akhir.
  7. Memperhatikan kebersihan di dalam kelas maupun di lingkungan sekitar kelas.
  8. Membina suasana kekeluargaan di kelas

Wali kelas menjadi seorang penentu bagi perkembangan dan kemajuan di dalam kelas. Hasil kerja wali kelas terlihat dari bagaimana dia menjadi animator bagi kelas sebagai sebuah komunitas pembelajaran secara bersama-sama.

Peran Wali Kelas Di Sekolah

peran dan fungsi wali kelas

Wali kelas memiliki peran utama seperti halnya kepala keluarga  atau sebagai orang tua kedua di sekolah, antara lain meliputi :

  1. Sebagai motivator

Seorang wali kelas harus mampu memberikan motivasi secara baik dan benar agar seluruh siswa terdorong agar lebih semangat dalam belajar. Disamping itu, wali kelas juga memberikan wawasan yang luas dan bekal untuk masa depan siswa-siswanya.

  1. Sebagai fasilitator

Seorang wali kelas harus mampu menciptakan hubungan yang baik dengan siswa, baik hubungan kemitraan antara para guru dan siswa , maupun hubungan antara siswa dengan siswa. Sehingga hal ini akan mewujudkan suasanan belajar yang kondusif dan menyenangkan dan para siswa dapat belajar dengan efektif.

  1. Teladan dan pribadi yang baik

Wali kelas harus memberikan teladan dan pribadi yang baik bagi siswanya, karena Wali kelas secara langsung menjadi contoh bagi siswanya sehingga agar memiliki karakter dan sifat yang sesuai Pancasila.

  1. Sosial

Wali kelas harus senantiasa mengetahui hubungan sosial siswa dengan para guru, siswa dengan siswa lain, maupun siswa dengan orang tuanya guna kelancaran kegiatan pembelajaran di sekolah.

  1. Akademis

Wali kelas harus mengetahui kemampuan dan prestasi masing-masing siswa sehingga wali kelas dapat memberikan sejumlah solusi dan jalan keluar sesuai dengan masalah akademis dalam kemampuan siswa.

Menjadi Wali Kelas yang Baik

Menjadi seorang wali kelas dengan amanah yang cukup berat tidak mudah, karena tanggung jawab yang diemban tidak sedikit. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diterapkan oleh seorang guru.

  1. Bangun kedekatan dengan seluruh siswa kelas

Hal dasar yang dilakukan seorang wali kelas adalah menjalin hubungan yang baik dan dekat dengan seluruh siswa. Dengan memilki kedekatan yang harmonis, maka siswa akan termotivasi belajar sungguh-sungguh dan mennyelesaikan setiap tugas sekolah. Selain itu, kedekatan juga mampu mengungkapkan kesulitan-kesuilitan yang dialami siswa.

  1. Menggerakkan pengurus kelas menjalankan fungsinya

Wali kelas dapat mengarahkan pengurus kelas untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. Pengurus kelas yang bertindak dengan rajin akan memudahkan wali kelas dalam hal administrasi seperti mencatat presensi, memastikan jurnal kelas dan lain lain.

  1. Bekerja sama dengan guru lain

Wali kelas sebaiknya bekerja sama dengan para guru lain yang juga mengajar di kelas yang bersangkutan guna membantu memonitor dan keadaan siswa.

  1. Jalin komunikasi dengan wali / orang tua siswa

Menjalin komunikasi secara rutin terhadap wali atau orang tua siswa perihal perkembangan dan keadaan siswa yang bersangkutan. Hal ini juga dapat membuat wali murid menjalankan pendidikan anak mereka di rumah. Sehingga pembelajaran akan selalu stabil dan efektif.

  1. Kerjakan laporan sebaik mungkin

Demikianlah beberapa tugas dan tanggung jawab wali kelas  baik sekolah SMP, SMA maupun SMK yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan PERMENDIKBUD. Semoga uraian di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *