Artikel

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir Di Berbagai Usaha

Kasir merupakan salah satu posisi penting dalam sebuah kegiatan usaha yang mana berhubungan langsung dengan uang tunai dan konsumen. Posisi ini memerlukan...

Written by andra · 3 min read >
tanggung jawab kasir

Kasir merupakan salah satu posisi penting dalam sebuah kegiatan usaha yang mana berhubungan langsung dengan uang tunai dan konsumen. Posisi ini memerlukan orang dengan kriteria yang tepat dan menguasai tugas serta tanggung jawab sebagai seorang kasir. Dibawah ini adalah uraian lengkap tugas dan tanggung jawab kasir secara umum maupun di bidang rumah sakit dan restoran.

Pengertian Kasir (Cashier)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kasir adalah seorang pemegang kas (uang) atau orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang.

Selain istilah kasir, ada istilah kassa yang berkaitan erat dimana keduanya memiliki arti yang berbeda. Kasir adalah subjek yang mengerjakan atau orangnya, sementara kassa adalah tempatnya.

Profesi kasir juga dapat diartikan sebagai seseorang yang bertugas menerima uang pembayaran saat pembelian produk atau jasa dan melakukan pengembalian uang sisa pembayaran, serta menyerahan barang atau jasa yang telah dibeli kepada pelanggan di loket-loket kasir seperti pada toko, minimarket, supermarket, mall, hotel, rumah sakit, restoran dan lain lain.

Selain itu, pada umumnya tugas seorang kasir juga melakukan perhitungan jumlah total penjualan per hari, per minggu, maupun per bulan serta mengetahui produk yang paling laris terjual. Dengan demikian, orang yang tepat mengisi posisi ini haruslah orang yang teliti dan tidak ceroboh agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

tugas kasir

Ruang Lingkup : Melayani dan melkukan perhitungan atas transaksi keuangan yang telah dilakukan.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab yang harus dikuasai seorang kasir agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.

Tugas Kasir

  1. Menjalankan Proses Penjualan dan Penerimaan Pembayaran
  2. Mencatat Setiap Transaksi
  3. Membantu dan Menyampaikan Informasi Produk Kepada Pelanggan
  4. Melayani Transaksi dan Packing Barang
  5. Melakukan Pemeriksaan Barang sebelum Menyerahkannya kepada Konsumen

1. Menjalankan Proses Penjualan dan Penerimaan Pembayaran

Kasir merupakan garis terdepan di sebuah kegiatan usaha yang bertransaksi secara langsung head to head dengan konsumen.  Saat menerima uang pembayaran seorang kasir harus teliti dan cermat, berapa nominal angka yang diterima serta keaslian uang. Begitupun dengan memberikan kembalian harus betul tidak boleh kurang meupun lebih.

Di sini dibutuhkan kepribadian baik yang sopan dan ramah serta penampilan yang menarik dan rapi. Tak hanya itu saja, kasir harus  mampu berkomunikasi  dengan baik terhadap konsumen.

2. Mencatat Setiap Transaksi

Setiap transaksi yang dilakukan harus dicatat dengan benar dan teliti. Karena bila ada satu kesalahan, terutama pada penulisan angka maka akan berakibat fatal. Saat ini terdapat sebuah softaware point of sales yang dapat memudahkan pekerjaan seorang kasir, sehingga kasir hanya cukup memasukkan data produk yang dibeli konsumen.

3. Membantu dan Menyampaikan Informasi Produk Kepada Pelanggan

Tak jarang konsumen sering bertanya beberapa hal mengenai  produk seperti harga, ketersediaan, tempat display, bahkan informasi tanggal kadaluwarsa. Maka disinilah kasir berfungsi untuk menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan oleh konsumen seputar produk. Untuk itu, seorang kasir wajib memiliki pengetahuan akan produk dan sikap yang ramah dan sopan.

4. Melayani Transaksi dan Packing Barang

Dalam melakukan tugas ini, seorang kasir harus mampu melakukannya secara multi-tasking, yang mana selama melayani transaksi kasir dapat mengajak konsumen untuk mengobrol untuk menawarkan beberapa produk lain. Dan yang paling penting harus tetap fokus dalam menjalankan transaksi.

5. Melakukan Pemeriksaan Barang sebelum Menyerahkannya kepada Konsumen

Setelah transaksi dilakukan, maka sejumlah produk yang telah dibeli konsumen dapat diserahkan. Disini seorang kasir, dapat memeriksa apakah barang-barang yang telah dikemas sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

Tanggung Jawab Kasir

  1. Bertanggung Jawab terhadap Seluruh Transaksi Penjualan
  2. Menyetorkan Uang Transaksi dan Serah Terima Shift
  3. Memberikan Laporan Pada Atasan

1. Bertanggung Jawab terhadap Seluruh Transaksi Penjualan

Mencatat seluruh transaksi penjualan yang telah dilakukan merupakan tugas pokok seorang kasir dengan penuh tanggung jawab. Karena bila terdapat kesalahan dari transaksi penjualan maupun pencatatan, maka kasir harus bertanggung jawab dan menerima sanksi sesuai peraturan dan kebijakan perusahaan.

2. Menyetorkan Uang Transaksi dan Serah Terima Shift

Kasir bertanggung jawab penuh dalam menyetorkan sejumlah uang hasil penjualan kepada atasan disertai laporan atau bukti transaksi. Selain itu, biasanya kasir juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan serah terima shift pada kasir di shift selanjutnya.

3. Memberikan Laporan Pada Atasan

Terakhir adalah seorang kasir bertanggung jawab dalam memberikan laporan mengenai perkembangan dan kondisi tempat dia bekerja terkait transaksi penjualan. Hal ini guna menghindari terjadinya kesalahan atau penyimpangan, atau mungkin dapat sesegera mungkin menyelesaikan penyimpangan yang terjadi.

Kewajiban Khusus Kasir

tugas dan tanggung jawab kasir

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, seorang kasir memiliki beberapa kewajiban khusus agar pekerjaannya dapat berjalan dengan baik dan benar.

  1. Melakukan perhitungan secara teliti dan cermat, agar tidak terjadi kekeliruan dan selisih antara produk dan uang yang ada pada laporan.
  2. Melakukan pembukuan sesuai standar perusahaan dengan baik dan benar.
  3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar
  4. Terampil dan cekatan dalam pelayanan konsumen
  5. Jujur, andal, dan tepat

Kualifikasi Khusus Kasir

  1. Menguasai Manajemen Kas
  2. Mampu berhitung dengan baik
  3. Menguasai Microsoft Office terutama pada MS. Word dan Ms. Excel

Tugas Kasir Restoran

tugas kasir di restoran

Di dalam usaha yang bergerak di bidang restoran tentu kasir memiliki tugas dan tanggung jawab yang agak sedikit berbeda. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab kasir di restoran :

  1. Membersihkan dan merapikan lingkungan tempat kasir ( Meja, Kursi, Komputer, Vas, dll)
  2. Memastikan program di dalam komputer kasir dan printer dapat berfungsi dengan baik. Segera laporkan pada atasan atau supervisor bila dijumpai error.
  3. Periksa dan hitung ulang jumlah uang modal kasir dan uang receh yang mana berfungsi sebagai uang kembalian.
  4. Melakukan setiap transaksi penjualan dengan baik, cepat, akurat, ramah dan sesuai SOP.
  5. Menjawab telfon masuk sesuai SOP perusahaan
  6. Mencatat promo atau diskon jika ada
  7. Mencatat invoice atau tagihan jika ada
  8. Melakukan cuci kasir atau clean transaction pada setiap akhir shift.
  9. Serah terima modal pada kasir shift berikutnya.

Tugas Kasir Indomaret / Alfamaret

tugas dan tanggung kasir indomaret atau alfamaret

Tugas dan tanggung jawab kasir pada minimarket yang telah menjamur di Indonesia seperti Indomaret maupun Alfamaret sering sekali dijumpai. Namun tak banyak yang tahu apa tugas secara detail dan rinci.

Berikut adalah sejumlah tugas dan tanggung jawab seorang kasir di Indomaret maupun Alfamaret secara umum :

  1. Melayani transaksi penjualan dan pembaran
  2. Melakukan packing atau pengemasan barang yang dibeli konsumen
  3. Menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen
  4. Menawarkan sejumlah promosi yang sedang berlangsung kepada pelanggan
  5. Melayani pembelian pulsa maupun sejumlah tagihan seperti ( listrik, air, BPJS, TV berlangganan, tiket hingga angsuran kendaraan).
  6. Mengecek stok opname produk bulanan secara berkala
  7. Mencatat kas keluar dan melaporkannya kepada atasan
  8. Bertanggung jawab penuh atas seluruh uang transaksi masuk

Demikianlah informasi lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab seorang kasir secara umum maupun pada restoran. Semoga uraian di atas bermanfaat……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *