Artikel

Pengertian Layout Adalah beserta Macam-Macamnya

Pengertian Layout – Layout adalah salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam penataan ruang di sebuah  toko atau retail store. Layout yang...

Written by andra · 4 min read >
pengertian layout toko adalah

Pengertian Layout – Layout adalah salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam penataan ruang di sebuah  toko atau retail store. Layout yang baik dan tepat akan meningkatkan customer experience, dimana hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan maupun kemudahan pengunjung toko. Di bawah ini adalah pengertian dan macam-macam Layout yang dapat diterapkan dalam toko.

Pengertian Layout atau Tata Letak

Menurut Istilah, pengertian layout adalah usaha untuk menyusun, menata atau mengkombinasikan elemen-elemen atau unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel dll) sehingga membentuk sebuah komonukasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik.

Dalam dunia ekonomi, Layout atau tata letak sangat berkaitan erat dengan penataan ruang toko atau retail guna penempatan produk yang akan dijual. Layout adalah penataan ruang yang didesain sebagai tempat memajangkan produk yang dijual untuk membantu konsumen dalam berbelanja dan pencarian barang yang akan dibeli.

Layout yang baik dan tepat mampu meningkatkan customer experience, minat pengunjung serta efektivitas kerja dari pegawai toko tersebut. Sehingga penataan layout ini dapat digunakan sebagai indikator atau tolak ukur bagi pemilik toko dalam melakukan penilaian terhadap keberhasilan usahanya.

Tujuan Layout Toko atau Retail Store

tujuan dari layout adalah

  1. Untuk menciptakan suasana toko yang nyaman, aman dan menarik.
  2. Untuk memudahkan konsumen dalam mencari dan memperoleh produk yang diinginkan.
  3. Seluruh pekerjaan di dalam toko akan berjalan dengan lebih efektif dan mudah.
  4. Menjaga kepuasan dan kenyamanan konsumen.
  5. Alokasi ruangan toko yang optimal dan efektif sehingga tidak ada space yang kosong atau tidak berguna.
  6. Dapat menciptakan citra positif bagi toko dan memberikan kesan positif untuk konsumen.

Jenis – Jenis Layout

Berikut adalah beberapa macam layout yang dapat diterapkan pada sebuah toko atau retail store. Dalam penerapannya, hal ini tergantung dari lokasi, luas toko , karakteristik toko serta tema yang akan diangkat oleh toko tersebut.

1. Free Flow ( Bebas)

macam layout free flow

Jenis yang paling sederhana dari store layout adalah free flow atau arus bebas. Free flow adalah layout dengan menampatkan sejumlah produk yang dijual secara mengelompok dengan pola mengalir bebas di dalam toko, dimana konsumen secara leluasa menjelajahi setiap titik karena tidak ada pola lalu lalang tertentu.

Layout jenis ini bertujuan untuk menciptakan impulse buying (pembelian secara spontan) oleh konsumen.  Selain itu dapat memberikan banyak pilihan produk dari satu titik ke titik lain sehingga memberikan kesan bersahabat.

Namun, layout jenis ini baik diterapkan di store yang berukuran relatif kecil. Apabila diterapkan pada toko dengan variasi produk dengan merk yang sangat beragam, layout ini akan membuat membingungkan pengunjung dan kurang efisien karena terlalu banyak menyita ruang.

2. Grid ( Pola Lurus)

macam layout grid

Grid layout adalah jenis dari store layout dengan bentuk tradisional, dimana penempatan produk dan point of sale dalam baris-baris panjang di dalam toko. Dalam layout jenis ini, konsumen akan menjelajah mengalir di setiap lorong antara rak-rak yang berisi produk.

Grid layout banyak diterapkan pada sejumlah minimarket, supermarket, dan hypermart.  Layout jenis ini baik digunakan bila sebagian besar konsumen berkeinginan untuk menjelajahi seluruh isi toko atau retail. Dengan pola layout jenis ini, diharapkan produk yang dipajang lebih banyak dan lengkap, namun cukup untuk memberikan keleluasaan bagi konsumen yang hilir mudik.

Kelebihan :

  • Tidak membutuhkan banyak biaya
  • Mudah dalam pengorganisasian produk atau merchandise.
  • Produk yang dijual lebih mudah dijangkau oleh konsumen

Kelemahan :

  • Desain interior yang standar sehingga terkadang membuat tampilan toko terasa membosankan.
  • Mengurangi pandangan antara satu produk dengan produk lain sehingga lebih sulit mencari barang yang diinginkan.

3. Curving/ Loop

macam layout racetrack

Pada layout jenis ini, konsumen akan menjelajahi isi seluruh toko dengan satu jalur khusus yang mengalir. Dimulai dari pintu masuk, lalu menjelajah melalui ruang jalan yang membentuk suatu jalur, dan akhirnya kembali lagi ke pintu masuk seperti halnya lintasan balap.

4. Spine Layout

macam layout spine out

Pada layout ini, pengunjung akan menjelajah isi toko dengan berjalan dari pintu masuk hingga ujung belakang melalui satu ruang jalan. Dimana semua produk yang dijual ditempatkan di kedua sisi ruang jalan dan point of sale ditempatkan di ujung belakang dalam toko. Layout jenis ini banyak diterapkan oleh toko atau store yang memiliki ukuran cukup besar.

Manfaat Layout Toko yang Baik

Layout yang baik dan tepat akan memberikan berbagai manfaat, baik untuk pemiliki toko, bagi konsumen maupun pegawai toko tersebut. Beberapa menfaat dari layout adalah sebagai berikut :

  • Kegunaan Tempat, manfaat ini diperoleh konsumen karena dengan produk akan ditempatkan dengan layout yang baik sehingga mudah dicari konsumen. Bagi pemilik toko, tentu space toko akan digunakan secara optimal.
  • Kegunaan Informasi, dengan interior desain dan Layout yang baik dan tepat akan meningkatkan customer experience konsumen sehingga dapat memberi informasi dan mengingatkan konsumen akan tempat-tempat produk.
  • Kegunaan Waktu, manfaat ini diperoleh konsumen karena mereka akan mendapatkan produk yang mereka butuhkan dengan cepat. Bagi pemiliki toko, pekerjaan juga dapat dilaksanakan dengan cepat dan lebih efektif.

Prinsip – Prinsip dan Tips dalam Penataan Layout

 

layout toko baik

Terdapat beberapa prinsip dan tips yang  sebaiknya diterapkan dalam menciptakan layout yang baik dan benar, antara lain :

  • Penataan layout didesain agar mampu mendukung pekerjaan berjalan dengan efektif dan efisien.
  • Seluruh kegiatan pegawai toko maupun konsumen berjalan dengan lancar dan mudah.
  • Seluruh space atau ruangan harus digunakan secara optimal dan seefisien mungking.
  • Titik utama yang menjadi sasaran konsumen harus ditempatkan dekat dengan pintu utama agar dapat memudahkan konsumen.
  • Titik – titik lain yang digunakan sebagai produk-produk pendukung dapat ditempatkan dibagian belakang.
  • Titik tempat penjaga toko harus berada pada titik yang mudah untuk mengawasi kondisi seluruh isi toko.
  • Berikan ruang jalan konsumen cukup lebar untuk memberikan kenyamanan, namun cukup sempit untuk memperlambat laju jalan agar produk-produk lain mendapat perhatian dari konsumen.
  • Tempatkan sejumlah produk andalan atau yang murah dari segi harga di titik yang paling sering dilalui pengunjung.
  • Gunakan signage seperlunya di titik tertentu yang dapat membantu konsumen untuk menemukan produk yang mereka inginkan.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Penataan Layout

prinsip prinsip layout toko

Sebelum menentukan dan menata layout toko, tentu ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Hal ini bertujuan agar penataan layout dapat dilakukann secara tepat dan mampu meningkatkan penjualan produk.

Faktor – faktor yang mempengaruhi layout adalah sebagai berikut :

  1. Kebutuhan dan Keinginan Pemilik Toko

Setiap pemilik toko atau retail store tentu memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak sama. Hal ini sangat berhubungan erat dengan jenis produk dan bidang penjualan apa yang ditawarkan. Konsep dan tema yang diinginkan pemiliki toko sangat menentukan bagaimana penataan layout toko tersebut.

  1. Lokasi Toko

Lokasi tempat usaha merupakan satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena dapat  mempengaruhi tingkat penjualan produk dan penentuan layout.  Antara layout satu tempat dengan tempat yang lain memiliki perbedaan. Setiap bentuk layout disesuaikan dengan bagaimana dan dimana lokasi toko tersebut.

  1. Cahaya

Bagiamana pencahayaan di dalam toko merupakan salah satu faktor penting. Pemilik toko harus mampu menggabungkan cahaya alami yang diterima dan dengan cahaya buatan pada  layout yang akan digunakan.

Untuk pencahayaannya sendiri harus memiliki intensitas yang cukup atau terang, cahaya tidak menyilaukan mata, tidak memiliki kontras yang tajam, pencahayaan yang merata di seluruh isi toko, serta tidak ada cahaya yang bergelombang.

Pencahayaan yang cukup dan tepat tentu akan membuat suasana toko menjadi lebih nyaman dan membuat konsumen lebih mudah untuk mencari produk yang diinginkan. Selain itu, bagi pegawai toko, mereka dapat bekerja dengan lancar dan baik.

  1. Suara

Suara adalah salah satu faktor yang tidak kalah penting, baik bagi pegawai toko maupun pengunjung toko. Banyaknya suara yang mengganggu tentu akan membuat perhatian konsumen terhadap sejumlah produk terganggu dan berkurang sehingga konsumen akan merasa tidak nyaman dan bahkan tidak tertarik membeli produk di dalam toko tersebut.

Beberapa cara yang dapat mengendalikan suara bising dan dapat mengganggu suasana toko adalah membuat desain interior yang mampu meredam kebisingan, seperti menggunakan partisi di dinding-dinding toko, menggunakan karpet atau lantai kayu.

  1. Budaya

Budaya merupakan faktor yang cukup sensitif dan harus diperhatikan. Faktor budaya ini berhubungan erat dengan hukum dan norma yang berlaku. Untuk itu, penting sekali sebelum menata layout, maka pemilik toko harus mengetahui norma-norma yang berlaku pada lingkungan sekitar toko.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya salah paham antara pihak toko dengan pihak-pihak lainnya.

Penataan Ulang Layout Toko

Setiap toko atau retail store dapat melakukan penataan ulang layout jika memang dirasa perlu. Beberapa alasan dan penyebab penataan layout toko adalah sebagai berikut :

  • Berkurang atau bertambahnya jumlah pengunjung  maupun pegawai toko.
  • Terdapat penambahan, pengurangan maupun penggantian perabot yang ada di dalam toko.
  • Terdapat perubahan proses kerja atau SOP kerja
  • Layout yang digunakan telah terlalu lama sehingga ingin menciptakan suasana dan konsep baru pada toko.

Demikianlah pengertian dan macam-macam layout. Yang perlu diingat adalah untuk menciptakan layout yang baik, bukan hanya sekedar tata letak atau keindahan, melainkan penempatan letak perlengkapan, alokasi ruang, pengelompokkan produk, serta lalu lintas pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *